Data Twitch Bocor, Rahasia Perusahaan dan Pendapatan Streamer Diumbar

Jombang, Padangbulan.co.id – Baru-baru ini platform streaming Twitch menjadi korban peretasan yang membuat sejumlah data penting bocor. Tak hanya itu, rahasia perusahaan dan pendapatan para streamer juga diumbar dalam dokumen yang dibagikan di forum online.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan data streamer teratas Twitch yang menghasilkan jutaan dolar dari perusahaan milik Amazon dalam dua tahun terakhir. Twitch mengkonfirmasi pelanggaran itu dan berusaha mencari tahu darimana kebocoran tersebut terjadi.

Streamer Fortnite BBG Calc mengaku kaget dengan data yang disebar secara online tersebut karena angkanya 100% benar. Streamer lain mengkonfirmasi kepada BBC bahwa pendapatan mereka sama dengan yang ada pada bocoran data tersebut.

Dokumen yang dibagikan di forum online memperlihatkan pendapatan para streamer dari Agustus atau September 2019 hingga Oktober 2021.

Beberapa versi yang dibagikan secara online menunjukkan streamer terkenal, termasuk saluran Dungeons & Dragons CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g, sebagai salah satu yang berpenghasilan tertinggi.

Selain rincian gaji, dokumen tersebut juga berisi kode sumber situs dan rincian teknis untuk produk dan platform yang belum dirilis.

Kebocoran ini sangat memalukan bagi Twitch karena plafon ini terkenal sangat menjaga detail operasional mereka. Apalagi ini terjadi pada saat pesaing seperti YouTube Gaming menawarkan gaji besar untuk menangkap bakat gamer sehingga dampaknya bisa signifikan.

Pakar keamanan mengatakan, memberi tahu saya bahwa file tersebut berisi hal-hal seperti detail server internal yang hanya dapat diakses oleh karyawan Twitch.

“Jika semuanya benar, itu akan menjadi kebocoran terbesar yang pernah saya lihat. Seluruh data perusahaan yang paling berharga dibersihkan dalam satu gerakan,” katanya.

 

(YOV/SDNcom)

Leave a Reply

Your email address will not be published.