Polresta Mojokerto Berhasil Amankan 101 Unit Motor Dari Balap Liar

Mojokerto, Padangbulan.co.id – Dalam Operasi Patuh Semeru 2021 yang digelar sejak 20 September 2021 lalu, Polresta Mojokerto berhasil mengamankan ratusan motor.

Terdapat 101 sepeda motor yang diamankan.  Satu unit diantaranya motor Suzuki Shogun berpelat merah yang diamankan dari operasi balap liar karena tidak dilengkapi dengan surat-surat, sepeda motor tersebut juga tidak sesuai dengan spesifikasi standar pabrik.

Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Rifto Himawan mengatakan, dari 101 kendaraan yang diamankan, sebanyak 21 unit di antaranya terjaring dalam operasi balap liar yang dilakukan tim gabungan.
“Ada 101 yang kita sita, dengan pelanggarannya yang tidak ada STNK 25 unit roda dua, 75 unit dan 1 roda empat. Modifikasi yang memiliki kerawanan terjadinya laka lantas yang menyebabkan fatalitas tinggi itu 25 kendaraan. Hasil dari operasi balap liar 21 kendaraan. Dari 21 pelaku yang kita jaring satu anak di bawah umur,” katanya saat konferensi pers, Selasa (28/9/2021).

Pihaknya mendapat informasi dari masyarakat dan patroli cyber satuan gabungan dari Lalulintas, Sabhara dan reserse, bahwa ada satu komunitas bernama ‘Herex Commmunity’ yang melakukan kegiatan balap liar dan modifikasi.
Bahkan, AKBP Rofiq Rifto juga mendapati perbuatan melawan hukum itu. Di antaranya muncul masalah mengenai baku mutu kendaraan.
“Ini bisa dibuktikan, dan perbuatan melawan hukumnya juga ada sanksi pidananya, termasuk juga ada sanksi denda di situ. Terkait dengan13 anak yang kita berhasil tangkap, dan kita sudah lakukan penanganan dengan standar operasional yang berlaku hasil gelar 13 anak di bawah umur,” pungkas AKBP Rofiq.

Leave a Reply

Your email address will not be published.