Manfaat Kayu Secang, Wajib di Ketahui untuk Kesehatan

Jombang, padangbulan.co.id – Tanaman secang dapat menjadi obat tradisional dengan memanfaatkan batang tanaman atau kayunya. Caranya, kayu secang diambil dan dikeringkan dalam waktu tertentu untuk selanjutnya dapat diolah menjadi ramuan obat.

Umumnya, khasiat kayu secang tersebut dianggap hanya bekerja jika diracik dengan bahan-bahan tertentu seperti jahe, serai, dan lain sebagainya. Namun, ternyata ada sejuta khasiatnya tersendiri dari tanaman secang tersebut.

Berikut manfaat secang bagi kesehatan tubuh :

1 . Mencegah Diabetes

Khasiat kayu secang juga terbukti mampu mencegah penyakit diabetes. Hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan, ekstrak kayu secang yang diberikan kepada tikus mampu meningkatkan metabolisme glukosa sehingga mengurangi penumpukan gula darah.

Meski demikian, apabila anda memiliki riwayat penyakit diabetes hingga komplikasi baiknya anda dalam pengawasan dokter sebelum mengkonsumsi ini.

2 . Obat batuk dan Flu

Tak hanya itu, khasiat kayu secang yang lain yakni dapat menyembuhkan gejala panas dalam seperti radang, batuk, dan flu ringan. Kandungan anti-radang dalam kayu secang disebut mampu menghambat aktivitas hyaluronidase, protein sebagai sumber utama peradangan.

3 . Mengatasi Peradangan Nyeri

Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot.

Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herba untuk mengatasi penyakit akibat peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut.

4 . Mengobati Bisul

Khasiat kayu secang yang selanjutnya yakni dapat mencegah penyakit kulit seperti bisul. Sebab, air rebusan kayu secang diketahui secara tidak langsung dapat membersihkan darah dari berbagai penyebab penyakit kulit.

pastikan penderita penyakit kulit tersebut tidak memiliki alergi terhadap kandungan kayu secang. Jika aman, gunakan khasiatnya untuk mendapatkan kulit yang sehat secara rutin.

5 . Obat Diare

Selain masalah kulit, kandungan kayu secang juga terbukti dapat mengobati penyakit diare. Diare tak lain disebabkan dari adanya bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan serta membunuh bakteri baik di dalamnya.

Kandungan kayu secang yang bersifat antibakteri mampu membunuh bakteri penyebab diare dan meningkatkan bakteri baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kayu secang secara umum dapat dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal, tetapi usahakan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan guna mencegah terjadinya efek interaksi obat.

Selain itu, jika Anda hendak mengonsumsi kayu secang sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

(YYP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.