KKN Universitas Negeri Malang 2021 Menyelenggarakan Penyuluhan Perikanan Bersama Anggota Kelompok Pembudidaya Ikan Dusun Pagak, Desa Cengkok, Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, Padangbulan.co.id – Kamis, 01 Juli 2021 bertempat di Rumah Bapak Mukharom Dusun Pagak, Desa Cengkok, Kabupaten Nganjuk telah dilaksanakan Penyuluhan Perikanan dengan tema “Ragam Jenis Penyakit dan Masalah dalam Budidaya Ikan Air Tawar (Lele dan Gurame) serta Solusi Mengatasinya”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program kerja utama kelompok KKN Universitas Negeri Malang 2021. Pelaksanaan progam kerja ini dimaksudkan untuk membantu mengembangkan budidaya perikanan sebagai salah satu UMKM yang ada di Desa Cengkok.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Penyuluhan Perikanan, Qodir Yahya. Kemudian berlanjut dengan penyampaian materi oleh Bapak Andri Indrawan Susilo, S.Pi dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nganjuk. Penyuluhan ini diikuti oleh Anggota Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) dengan sangat antusias. Beberapa diantaranya juga mengajukan berbagai pertanyaan untuk menambah wawasan dan kemampuan membudidaya ikan lele dan gurame.

Bapak Andri selaku pemateri menyampaikan bahwa masalah utama pada budidaya ikan lele dan gurame adalah pemberian pakan yang kurang sesuai dengan standar. Para pembudidaya berusaha mencari pakan alternatif pengganti pelet berupa ayam tiren karena menurut mereka alternatif tersebut dapat meminimalisir biaya sehingga untung yang di dapatkan bisa lebih besar. Selain itu, juga masih banyak pembudidaya yang hasil panennya kurang maksimal akibat pemberian pakan yang kurang sesuai dengan ukuran ikan, sehingga hal tersebut berdampak pada kesehatan ikan.

Bapak Andri juga menyampaikan harapan kedepannya dengan adanya kegiatan ini. “Semoga seluruh anggota POKDAKAN bisa lebih maju dan konsisten dalam menjalankan usahanya serta memiliki keinginan untuk mempelajari hal-hal baru terkait dengan perikanan.” Ujarnya. Setelah penyampaian materi, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2021 menyerahan cinderamata kepada Bapak Andri selaku pemateri. Acara ini kemudian ditutup dengan berswafoto bersama.

(McD/MDA/PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.