Sambutan Presiden Jokowi Pada Haul Emas 50 Tahun KH Abd. Wahab Chasbullah

Jombang, Padangbulan.co.id – Dari Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, sejumlah ASN yang terdiri dari Sekdakab Jombang, Staf ahli, Asisten dan Kepala OPD serta Ketua DWP dan perwakilan Pengurus DWP mengikuti secara Virtual sambutan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam acara Haul Emas Virtual 50 Tahun Pahlawan Nasional KH. Abd. Wahab Chasbullah (Mbah Wahab), Selasa (22/06/2021) malam.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa almarghfurllah KH. Abd. Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) Pahlawan Nasional sebagai teladan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Presiden Jokowi, Mbah Wahab dikenal sebagai sebagai ulama besar, inisiator, pendiri, dan penggerak jamiyah Nahdlatul Ulama. Selain itu, Mbah Wahab merupakan kiai yang memiliki wawasan luas,berpandangan modern jauh ke depan dengan cita-cita besar dan mulia. Mbah Wahab adalah salah satu ulama pejuang yang mengajarkan cinta tanah.

“Beliau juga dikenal sebagai sebagai sosok ulama pejuang, mengajarkan cinta tanah air, Hubbul Wathan Minal Iman, menggelorakan semangat kebangsaan, selalu berjuang untuk tegaknya NKRI,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyebut bahwa kiprah KH. Abd. Wahab Chasbullah layak untuk diteladani. “Teladan akhlak Kiai Abdul Wahab Chasbullah akan terus abadi menjadi inspirasi bagi kita semuanya. Terutama dalam menghadapi bangsa seperti saat sekarang ini,” tandasnya.

Haul Emas 50 Tahun KH. Abd. Wahab Chassbullah dipusatkan di Masjid Jami’ Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Kabupaten Jombang Jawa Timur ini dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, KH. Marzuki Mustamar, dan H. Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj hadir menyampaikan sambutan secara virtual.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, putri Almarghfurllah KH. Abd. Wahab Chasbullah selaku Ketua Panitia menyebut bahwa Haul Emas ini sangat istimewa. Animo masyarakat sangat besar. “Semula yang akan menyiarkan secara langsung agenda ini 50 channel youtube, namun ternyata hingga hari pelaksanaan sudah 250 Channel Youtube yang ikut berpartisipasi menyiarkan secara langsung kegiatan ini, dan diikuti secara virtual oleh para santri yang ada di dalam negeri maupun diluar negeri.

“Atas nama pribadi dan keluarga, kami menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Haul Emas KH. Abdul Wahab Chasbullah ke 50 secara virtual. Terima Kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang secara khusus memberikan sambutan virtual pada Haul Emas ini. Termasuk undangan yang hadir secara fisik dan virtual. Karena di masa pandemi covid 19 ini, haul tetap berlangsung luar biasa. Hampir jutaan orang termasuk para alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas yang tersebar di berbagai negara, hadir mengikuti haul virtual diera digital ini, semoga ini memberikan energi positif bagi generasi muda, para santri, alumni dan menjadi momentum istimewa untuk menyatukan gagasan dan wadah pegiat digital, sebab sekaligus akan dilaunching AYSI”, tutur Hj. Mundjidah Wahab.

Rangkaian Haul Emas KH. Abd. Wahab Chasbulah selain dilaunching Asosiasi Youtuber Santri Indonesia (AYSI), juga telah dilaksanakan 50 Majelis Khotmil Qur’an di 21 Kecamatan, santunan anak yatim dan duafa. Serta diserahkan penghargaan secara simbolis kepada youtube channel yang turut mendukung menyiarkan secara virtual diwakili oleh Channel Khofifah Indar Parawansa, Channel KH. Marzuki Mustamar, Cita Entertainment dan Channel Gus Miftah.

(McD/MDA/PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.