Kunker Ke Kota Pasuruan, Komisi A DPRD Jombang Akan Tingkatkan Pelayanan Publik

Jombang, Padangbulan.co.id – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Pasuruan. Kunker yang dilaksanakan pada 20-21 Mei 2021 itu khusus membahas inovasi pelayanan publik, terutama administrasi kependudukan dan perizinan.

Sekretaris Komisi A DPRD Jombang, Kartiyono mengatakan, dalam kunker ini pihaknya ingin meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Jombang. Sebernarnya sistem sudah terkoneksi dari kementrian, sehingga bisa dilakukan.

“Hanya saja memang masih banyak yang kurang paham, sehingga membuat pelayanan menjadi sedikit terganggu. Untuk membahas pelayanan, kami sudah melakukan kunjungan ke beberapa daerah. Memang ada yang hampir sama di Jombang, ada yang lebih baik,” katanya, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, untuk di Jombang sendiri perlu sosialisasi yang masif. Apabila, sosialisasi ini tidak dilakukan. Meski sistemnya sudah baik akan tetapi tidak ditangkap masyarakat. Sehingga ini juga akan menghambat pada pelayanan.

”Apabila terus melakukan sosialisasi dengan masif bagaiman melakukan pengurusan kependudukan ataupun izin. Masyarakat tentu akan tahu dan enjoy,” katanya.

Kartiyono memaparkan, seperti contoh terkait proses perizinan. Apabila masyarakat mengetahui secara lengkap, maka permasalahan izin di Kabupaten Jombang akan sedikit. Seperti saat ini, diketahui banyak pembangunan yang tidak mempunyai izin.

”Jangan sampai masyarakat menganggap apa-apa itu menjadi rumit. Padahal itu bisa dilakukan dengan mudah. Sosialisasi ini harus disampaikan masyarakat secara langsung. Jangan sampai hanya behenti pada tingkat kecamatan atau desa saja,” paparnya.

Menurut Kartiyono, apabila masyarakat tahu dan mengerti, maka bisa mengantisipasi sejak dini apabila ada permasalahan. Pihaknya juga menegaskan, bahwa intinya saat ini tidak boleh puas dengan apa yang sudah dilakukan sekarang.

“Kita akan dorong agar kedepan bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.