147 pelanggar Tidak Pakai Masker Terjaring Operasi Yustisi Di Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Sebanyak 147 warga masyarakat Kabupaten Jombang yang melintas di Jl Raya Gus Dur, hari Selasa (20/4/2021) pagi tertangkap petugas gabungan penegak disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Operasi yang dimulai pukul 09.10 WIB – 10.00 WIB tepat di depan Kompleks Pertokoan Simpang Tiga, Desa Mojongapit yang dipimpin AKP Moch Mukid, SH (Kasat Resnakoba Polres Jombang) itu menjaring warga yang tidak disiplin mengikuti peningkatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Tim gabungan yang terdiri 45 orang personil Polres Jombang, TNI dan Satpol PP serta Dishub Kabupaten Jombang itu berhasil menjaring 147 pelanggar. Para pelanggar mendapat sanksi dari penegak hukum, diantaranya, sita KTP/tipiring sebanyak 2 orang, sanksi sosial/tindakan sebanyak 15 orang, teguran lisan sebanyak 130 orang.

“Menjalankan tugas di bulan Ramadhan harus dengan niat ibadah dan ikhlas, bersikap humanis dan menjaga keselamatan pribadi,” turur AKP Moch Mukid, SH ketika  menyampaikan sambutan saat pimpin apel tim gabungan.

Tugas dari Polri dan TNI, lanjutnya,  adalah memback up Satpol PP dalam melaksanakan penindakan operasi yustisi, dengan sasaran masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Menurutnya, meski belakangan penyebaran virus corona cenderung menurun, menyusul adanya vaksinasi yang ditandai makin banyaknya jumlah pasien yang sembuh dan sedikitnya orang yang meninggal akibat Covid-19, namun masih banyak warga yang mengabaikan disiplin diri.

Karenanya, tim gabungan terus menerapkan  Inpres No 6 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan, Perda Prop Jatim No 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengandalian Covid 19 dan Perbup No 57 Tahun 2020, tambahnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Iptu Agus Wijaya (Kasi Tipol Polres Jombang), Iptu Heru Widodo (KBO Sat Bimas Polres Jombang), Ipda M PRIYO (Paurmin Bagren Polres Jombang), Ipda Luluk Setioko (Kanit Dalmas Polres Jombang), Hendryk P (Danru Satpol PP Kab Jombang).

(MCD/MDA/PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.