Komisi C DPRD Jombang Gelar Rapat Mengenai Rapat OPD Tahun 2021

Jombang, Padangbulan.co.id – Komisi C DPRD Jombang melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama dengan Dinas PUPR, Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Dinas Perkim dan Bagian Pembangunan. Rapat dilaksanakan pada Kamis (18/3/2021) di ruang Komisi C.

Ketua dan Wakil ketua dan anggota Komisi C, Agus Purnomo Dikbud, Heru W Perkim, Supradigdo Kabag Pembangunan dan perwakilan dari PUPR, karena Miftahul Ulum Kepala Dinas PUPR ada kegiatan di luar kota turut hadir dalam rapat tersebut.

“Hari ini kita rapat kerja dengan Dinas PUPR, Pendidikan dan kebudayaan, Perkim, dan Bagian pembangunan, untuk mendengarkan rencana kerja OPD tahun anggaran 2021 baik yang PL maupun yang dilelang melalui LPSE Jombang,” tutur politisi PKB ini.

Selain itu Komisi C juga meminta data kepada PUPR, Dinas Pertanian, Dinas pendidikan dan kebudayaan, untuk persiapan pelaksanaan APBD tahun 2021, agar kita tahu kwalitas pembangunan yang dilakukan itu baik atau tidak terkait pembangunan yang dilaksanakan oleh OPD Jombang.

“Menurut penjelasan dari Dinas Perkim baru ada satu paket yang sudah proses lelang, untuk pendidikan dan pertanian juga masih pembahasan, belum semua lelang, begitu juga yang penunjukan langsung,” Tutur Miftahul Huda.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang menjelaskan, “di hadapan Komisi C DPRD kami sampaikan program kerja khusus bidang fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kami juga paparkan secara umum, dengan harapan pelaksanaan pembangunan fisik berjalan sesuai dengan RAB, mutu dan kwalitasnya baik sehingga usia bangunan bisa panjang”, pungkasnya.

Sedangkan di Dinas Perkim ada ada 16 paket kegiatan semuanya melalui proses lelang. “Rapat kerja dengan Komisi C DPRD Jombang hari ini membahas tentang rencana dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik di masing-masing OPD yang menjadi bidang pengawasan komisi C. Untuk anggaran tahun 2021 di Dinas Perkim ada 16 paket kegiatan pembangunan fisik, salah satunya pembangunan drainase di jalan Wachid Hasyim senilai Rp 20 M lebih, sekarang mulai proses lelang,” ujar Heru W.

Kepala Dinas PUPR Miftahul Ulum terpisah mengatakan, beberapa program di tahun 2021, harapan Komisi C terkait pembangunan jalan supaya bisa tuntas semua. Dan ini memang tidak mudah, karena untuk perbaikan infrastruktur jalan itu tergantung dari anggaran.

“Bila ada anggaran kami siap melaksanakan, karena situasi sampai saat ini masih pandemi, anggaran banyak yang digunakan untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Tahun 2020 kemarin diadakan refocusing anggaran sehingga total tidak ada kegiatan sedangkan tahun ini ada kegiatan tetapi di potong anggarannya. Dan Tahun ini PUPR ada sekitar 37 paket. Dari jumlah itu 16 paket sudah masuk lelang di ULP,” pungkasnya.

(BK/McD/PBI).

Leave a Reply

Your email address will not be published.