Neng Ema Anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi PPP Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)

Jombang, Padangbulan.co.id – Ema Umiyyatul Chusnah anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi PPP selenggarakan kampanye Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau bisa disingkat dengan GEMARIKAN di Kantor Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (9/3/2021) pagi.

Dengan semboyan “Ayo makan ikan, makan ikan sehat, kuat dan cerdas” dari Gemarikan yang ditujukan kepada ibu hamil dan ibu menyusui, diharapkan dapat memahami tentang pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan pertumbuhan.

“Meskipun kita tidak punya laut, namun melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan ini, mari kita membiasakan anak-anak makan ikan. Ikan ini proteinnya tercukupi, nutrisi tercukupi serta vitaminnya juga tercukupi”, jelasnya.

“Kita juga harus memikirkan bagaimana program ini bisa berkesinambungan sehingga masyarakat kabupaten Jombang bisa makan ikan. Kami minta sinergi program, mulai dari pemerintah pusat, kabupaten maupun provinsi. Kami juga ingin mengusulkan ke pemerintah Kabupaten Jombang, bagaimana supaya ada program budidaya ikan dalam ember. Ini nantinya bisa diberikan kepada ibu-ibu yang dananya tidak besar dan bisa merata”, tambahnya.

Disisi lain, Bupati Jombang Mundjidah Wahab dalam wawancaranya ke awak media menjelaskan, sosialisasi Gemarikan ini dilaksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat agar memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makan keluarga.

Bupati mengajak masyarakat, terutama kepada ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak.

Disamping itu, beberapa tamu ynag hadir diacara tersebut antara lain ; Sekretaris Direktorat Jendral Penguatan Daya saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP-RP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Staff Ahli Bupati Jombang, Kabag Prokopim, Camat Perak, Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa se-kecamatan Perak.

(BK, McD, PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.