Khofifah : Penerbangan Kargo GI Surabaya – Hong Kong Perkuat Pasar UMKM

Surabaya, Padangbulan.co.id – Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo maskapai Garuda Indonesia (GI) rute Surabaya – Hong Kong.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3/2021).

Dia mengaku optimistis, layanan penerbangan khusus kargo dari Garuda Indonesia itu akan membantu dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. “Tentunya ini akan berkontribusi positif untuk membantu ekspor kita ke Hong Kong sekaligus meningkatkan daya saing produk (UMKM) kita,” ujarnya.

Rute penerbangan kargo Surabaya – Hong Kong Garuda Indonesia itu ada sekali dalam sepekan, setiap Hari Sabtu. Sedangkan rute domestik Surabaya—Banjarmasin—Balikpapan antara tiga sampai enam kali dalam seminggu.

Khofifah bilang, 80 persen komoditas yang dikirim dengan penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hong Kong itu adalah household (barang-barang UMKM, barang kulakan) yang umumnya milik tenaga migran Indonesia di Hong Kong.

Selain itu ada juga live fish (ikan kerapu), fresh fish, dan gelembung ikan (perut ikan) untuk kosmetik serta barang-barang pabrikan seperti sepatu.

Khofifah menambahkan, rute penerbangan kargo ini akan memberi peluang bagi pelaku UMKM Jatim melebarkan sayap usahanya ke luar negeri. Dia berharap UMKM Jatim bisa memulai dengan Hong Kong. “UMKM kita harus bisa melihat peluang dari dibukanya rute baru khusus kargo ini,” katanya. “Apalagi di tengah pandemi Covid-19, market penerbangan kargo lebih kuat daripada penumpang,” ujarnya.

__YOV/SSBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.