Khofifah Tinjau Dampak Banjir di Rumah Bupati Jember Terpilih Setelah Sertijab

Jember, Padangbulan.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau dampak banjir di Kabupaten Jember yang juga melanda rumah Hendy Setiawan Bupati terpilih yang dia lantik Selasa (2/3/2021) kemarin.

Dia meninjau dampak banjir itu setelah menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Jember. Khofifah meninjau Dusun Kreongan, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang.

Curah hujan yang cukup tinggi di lereng Gunung Argopuro, Sabtu (27/2/2021) lalu, mengakibatkan air di sungai yang melewati tiga kecamatan, yakni Kecamatan Patrang, Bangsalsari, dan Rambipuji meluap.

Satu dari ratusan rumah yang kebanjiran itu adalah kediaman Hendy Siswanto Bupati Jember yang baru dilantik. Khofifah mendapati air sudah sepenuhnya surut meski dapur umum masih berdiri.

Kepada warga setempat Khofifah meyakinkan bahwa Pemprov Jatim dan Pemkab Jember tidak tinggal diam. Sejumlah langkah seperti melakukan pengerukan sungai segera dilakukan.

Secara khusus kepada Hendy Bupati Jember definitif, Khofifah meminta segera ada pengerukan sungai secara berkala. “Pak Bupati membutuhkan bantuan berupa eskavator. Kami akan segera kirimkan. Nanti saya minta tim (Dinas) PU-SDA Jember bisa berkoordinasi dengan tim dari PU-SDA Provinsi Jatim,” ungkapnya.

Tidak hanya normalisasi sungai dari sedimentasi. Plengsengan di tepi sungai juga secara berkala harus dicek. Dia berharap seluruh dinas terkait saling berkoordinasi soal itu.

Hendy Bupati Jember bilang, setidaknya ada dua faktor penyebab banjir di Kabupaten Jember. Antara lain akibat sedimen lumpur di dalam sungai yang menumpuk serta saluran-saluran air yang tertutup.

Ada dua sungai di Jember yang meluap mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi. Antara lain Sungai Kalijompo dan Sungai Petung yang masing-masing mengakibatkan sejumlah kecamatan terdampak.

Ada 155 unit rumah terdampak banjir, serta sejumlah fasilitas dan jembatan yang. rusak berat akibat banjir di Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang, Kecamatan Sukorambi, Rambipuji dan Bangsalsari. Pada kesempatan itu Khofifah melalui BPBD Jatim menurunkan bantuan berupa sejumlah sembako dan masker sekaligus membagikan 80 kontainer paket kebersihan yang bisa digunakan warga pasca banjir.

__YOV/SSBY

Leave a Reply

Your email address will not be published.