Setelah Berhasil Ungkap Kasus Narkoba 1 Keluarga, Resnarkoba Polres Jombang Terus Gencarkan Pengembangan Penyidikan

Jombang, Padangbulan.co.id – Sat Reserse Narkoba Polres Jombang di pimpin oleh AKP Moch. Mukid,SH. dan dikawal sembilan personil diantaranya tujuh dari angota satuan reserse narkoba dan dua dari Sabhara dari Polres Jombang mengawal kegiatan kasus pengembangan peredaran narkoba di lapas Porong.

HR (tengah) tengah menjalani penyelidikan di lapas Porong (padangbulan.co.id)

“Terbongkarnya peredaran narkoba satu keluarga bermula tertangkapnya berinisial E saat hendak transaksi sabu dengan polisi yang menyamar sebagai pembeli di daerah Gambiran, Mojoagung pada Rabu dini hari (17/2/2021). Lalu Polres Jombang melakukan konfortir pada hari Kamis (25/2/2021) di lapas Porong”. Terkait Keterangan AKP Moch.

Hasil introgasi yang dilakukan oleh AKP. Moch Mukid, SH dalam pengembangan penyelidikan di lapas Porong adalah mengenai apakah HR (31) napi di lapas bisa dinaikan menjadi tersangka atau hanya cukup saksi semantara ini sedang konfrontir dulu dengan mengecek hasil chating dan wahatsapp dari bandar. Jika (HR) terlibat maka kita akan ditindak tegas dan akan terus melakukan pengembangan lebih lanjut sampai ke akar-akarnya.

Konfrontir adalah salah satu metode pemeriksaan dalam rangka penyidikan dengan cara mempertemukan satu dengan lainnya (antara tersangka dengan tersangka, saksi dengan saksi, tersangka dengan saksi) untuk menguji kebenaran dan persesuaian keterangan masing-masing serta dituangkan dalam berita acara pemeriksaan konfrontasi. Keterangan saksi-saksi yang dihadirkan dalam memberikan keterangann di dalam persidangan. Konfrontasi tersebut diatur dalam SK KAPOLRI No.Pol.Skep/1205/IX/2000 tentang revisi himpunan juklak dan juknis proses penyidikan tindak pidana.”

Menurut keterangan dari lapas Porong (HR) sudah tersandung dua kali kasus narkoba di polres Mojokerto kota dan (HR) difonis lima belas tahun penjara (HR) sudah menjalani tiga tahun di lapas Porong jika nanti (HR) terlibat akan terjerat undang undang narkotika yang sebagai mana (HR) telah menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman yang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) yo Pasal 132 ayat (1) UURI No.35 th 2009 tentang Narkotika.

(BK/McD/PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.