Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho Tinjau Langsung Bencana Banjir

Jombang Padangbulan.co.id – Bencana banjir yang melanda di desa Gondangmanis Kecamatan Bandarkedungmulyo ditinjau langsung oleh Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho pada Kamis (04-02-2021) pagi.

Banjir tersebut disebabkan tanggul sungai Apur Brawijaya yang jebol. Tanggul jebol ada di 2 titik yakni di Dusun Plosorejo yang lebarnya 20 meter. Seperti yang diinformasikan warga sekitar sungai Apur, jebolnya kira kira pukul 03.00 WIB dan langsung meluber ke persawahan warga.

Sementara itu tanggul di Dusun Kedunggabus Desa Bandarkedungmulyo tanggul yang jebol kurang lebih 10 meter diperkirakan terjadi pada pukul 04.15 WIB dan juga langsung meluber hingga ke area persawahan. Selain itu,  di desa Gondangmanis satu titik sungai Kanal Dusun Prayungan tanggulnya juga jebol yang panjangnya kurang lebih 20 meter dan langsung menggenangi persawahan.

Diperkirakan jebolnya tanggul sekitar pukul 03.40 WIB. Di Desa Brangkal ada 2 titik sungai apur yang jebol seluas 10 meter dan 7 meter yang terjadi pukul 04.30 WIB sehingga  mengakibatkan tergenangnya area persawahan. Kira kira pukul 08.30 WIB air meluber ke jalan raya hingga ketinggian mencapai 30 cm.

“Dalam melakukan peninjauan, kami akan melakukan tindakan dengan cara  berkoordinasi dengan BPBD Jombang, untuk melakukan pembenahan tanggul di sungai Apur Besut dan sungai Brawijaya Desa Gondangmanis bersama warga setempat, dalam pengaturan lalu lintas dengan sistem pengalihan arus kendaraan kecil dari barat melalui jalan Desa Bandar dan untuk arus lalu lintas dari Timur melalu pintu tol Kayen,” papar AKBP Agung Setyo Nugroho Selaku Kapolres Jombang.

(BK, McD, PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.