Rumah Pintar Sidiki Dilaunching

JOMBANG, Padangbulan.co.id- Rumah Pintar Sinergi Peduli Anak Negeri (Sidiki) yang berada di Desa Plabuhan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang dilaunching,Kamis (17/12/2020) pagi . Program Sidiki merupakan sinergi antara Polres Jombang dan Pemkab Jombang sebagai optimalisasi program Kampung Tangguh Semeru, yang berfokus pada pendidikan masyarakat setempat sekaligus untuk mewujudkan desa yang mandiri dan digital.

salah satu ruang di rumah pintar Sidiki (sumber : Padangbulan.co.id)

Launching ditandai dengan pemencetan tombol oleh Kapolres Jombang AKB Agung Setyo Nugroho, SIK, Sumrambah Wakil Bupati Jombang, Wakapolres Kompol Ari Trestiawan dan Camat Plandaan yang dilanjutkan pengguntingan pita diruangan yang digunakan anak anak belajar nantinya.

Dalam ruang belajar tersebut terdapat sejumlah komputer yang bisa digunakan untuk belajar sekaligus mengoperasionalkan internet. Selain di Desa Plabuhan, Rumah pintar juga terdapat di Desa Marmoyo diKecamatan Kabuh yang secara bersamaan juga dilaunching.

Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab yang hadir pada acara tersebut secara virtual dari ruang kerjanya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polres Jombang atas inovasi melalui program Rumah Pintar Sidiki. Meski di masa pandemi ini namun tetap memberikan kepeduliannya pada bidang pendidikan pemberdayaan masyarakat dan kepemudaan.

“Jadi tidak hanya pada bidang keamanan, namun Polres Jombang telah memberikan kepeduliannya melalui bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat melalui program ini,”ungkap Bupati Mundjidah Wahab didampingi Asisten 1 Anwar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Purnomo dan Agus Djauhari Kabag Humas dan Protokol.

Program Sidiki ini, kata Bupati Mundjidah Wahab bisa menjadi solusi bagi masyarakat dan anak anak disaat pandemi ini untuk bisa melanjutkan pendidikannya melalui daring. Oleh sebab itu Bupati meminta Jajaran Pemkab Jombang untuk mendukung program ini.

“Untuk jajaran Pemkab Jombang saya minta untuk memberikan dukungan pada program ini sesuai tupoksi masing-masing. Ini untuk menjaga keberlangsungan pendidikan masyarakat sekitar,”tandas Bupati.

Senada dengan Bupati Jombang, Wakil Bupati Jombang Sumrambah yang hadir langsung di lokasi saat launching juga memberikan apresiasi positif terhadap inovasi Program Sidiki.

“Tidak semua anak anak disini memiliki handphone, tidak ada akses internet yang memadai. Jadi inovasi ini akan membawa manfaat agar belajar anak anak itu tak terhenti,”ujar Wabup Sumrambah.

Wabup pun berharap inovasi ini bisa di contoh untuk daerah lain di Jombang yang memiliki kendala yang sama. “Inovasi ini harus kita tangkap dan diduplikasi untuk daerah daerah lain yang memiliki kendala yang sama, tak ada HP, internet dll. Agar keberlangsungan pendidikan terus berjalan,”harapnya.

(BK/MCD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.