Wabub Jombang ; Bagi Pelaku Usaha Batik Untuk Terus Meningkatkan Kreatifitas Dalam Melestarikan Batik Khas Jombang

Jombang, Padangbulan.co.id – Ajang penganugerahan penghargaan para creator batik dari Kabupaten Jombang oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, pada Selasa (01/12/2020) di Balai Desa Jatipelem Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang,  dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Dardak beserta pejabat Provinsi Jatim juga Kabupaten Jombang, Ketua Dekranasda Kabupaten Jombang, Yayasan Batik Indonesia, Asosiasi Perajin Dan Pengusaha Batik Indonesia, Perkumpulan Warna Alam Indonesia, Komunitas Batik Surabaya (Kibas), Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini agar menjadi pendorong bagi pelaku usaha batik untuk terus meningkatkan kreatifitas dalam melestarikan batik khas Jombang asli, ucap Wabub dalam sambutanya.

Menjadi tugas kita bersama, yakni  para Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang turut mempromosikan dan menggunakan batik produk lokal Jombang, tidak hanya batik, Wabup juga mempromosikan menu kuliner Jombang mulai lodeh kikil, hingga durian Bido Wonosalam, ” pinta Sumrambah.

Sementara, Arumi Bachsin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada 13 Kreator Batik yang telah menerima apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jombang, menurut Arumi torehan torehan perajin batik kedepan bisa menjadi cerita sejarah. Ia pun berharap, “pandemi covid 19 harus dijadikan titik balik untuk bangkit secara ekonomi merubah skema perdagangan dan skema pemasaran, perajin batik juga harus terus mampu meningkatkan kualitas dan daya saing.

Senada, menurut  Bambang Nurwiyanto Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang terdapat 25 (dua puluh lima) IKM batik yang tergabung dalam Perkumpulan Batik Arum Jombang (PBAJ) dan, terdapat 13 (tiga belas) kreator batik yang menciptakan 25 (dua puluh lima) motif dan telah memiliki sertifikat hak cipta yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Upaya peningkatan kualitas IKM Kabupaten Jombang terus menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Jombang dalam mewujudkan Jombang Berkarakter Dan Berdaya Saing.

“Pemberian penghargaan kepada kreator batik di Jombang ini merupakan bentuk dari dukungan pemerintah Kabupaten Jombang dalam mengapresiasi dan menumbuh-kembangkan industri kecil menengah di Kabupaten Jombang khususnya IKM batik.

“Dengan kita meningkatkan daya saing produk IKM Kabupaten Jombang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang selanjutnya akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Jombang, dengan adanya kegiatan ini pelaku usaha batik di Jombang dapat terus meningkatkan kreatifitas dan produksinya, sehingga batik Jombang dapat dikenal secara Nasional maupun Internasional”, pungkas Bambang.

Bk/PBI

Leave a Reply

Your email address will not be published.