Ikuti Kejurcab FPTI, Atlet Jombang Sabet 7 Medali

Jombang, Padangbulan.co.id – Sebanyak 7 atlet Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Jombang berhasil menyabet 7 medali dari 12 keping yang diperebutkan pada Kejuaraan Cabang (Kejurcab)  yang dilaksanakan 6-8 Nopember 2020 di SMK Khoiriyah, Sumobito, Kabupaten Jombang.

Kejuaraan Cabang Olahraga Panjat Tebing yang sedianya digelar dengan paket kegiatan Seleksi Cabang dan Kejuaraan Kabupaten itu akhirnya dikemas dalam Kejuaraan Cabang (Kejucab)  yang diikuti 6 daerah/Kota. Namun yang hadir 4 daerah, yakni Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tulungagung.

“Dua daerah yang tidak bisa ikut yakni Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Trenggalek. Atlet FPTI Trenggalek tidak mendapat izin dari para wali atlet (orang tua) sehingga pada Kejurcab ini hanya diikuti 4 daerah,”  jelas Ketua FPTI Kabupaten Jombang Nyohan Husada, SH.

Kejuaraan yang hanya menggelar Klas Boulder itu diikuti 58 atlet putra-putri. Mereka terbagi pada 4 kelas, yakni Kelompok Usia (KU-14 pa/pi) dan KU-19 pa/pi. Sedangkan FPTI Jombang menyertakan 5 atlet Puslatcab dan 39 atlet (KU-14 tujuh, KU-19 sebanyak 32 atlet), kelas Boulder ini hanya  menggunakan tiga lintasan dengan unsur kesulitan jalur yang berbeda.

“Meski hanya pada ketinggian 4-5 meter namun memiliki kesulitan berbeda. Menempuh jalur ini butuh kekuatan fisik dan mental memadai, karena dibatasi waktu 4 menit, untuk bisa mencapai waktu tercepat,” kata Nyohan disela menyaksikan para atlet melakukan pertandingan.

Disampaikan oleh Nyohan, hasil Kejurcab ini sekaligus untuk persiapan menjelang Kejurdaprov Jawa Timur 2020 yang akan berlangsung akhir Nopember ini di Kota Probolinggo.

Menurutnya, belakangan ini animo anak sekolah memilih FPTI sebagai olahraga favorit cukup bagus. Terutama para siswa dari SMP/SMK Khoiriyah Sumobito. Tingginya animo itu terkait dengan fasilitas Boulder yang disiapkan pihak sekolah sangat refresentatif.

“Ketua Yayasan Khoiriyah Drs H Ali Fikri dan Ribut Heru Sugeng Santoso, Kasek SMK Khoiriyah mensuport para siswa agar bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang disiapkan. Bahkan apabila ada yang juara pihak sekolah berjanji  membangun wall climbing untuk kelas speed dengan ketinggian 15 mater,” papar Nyohan mengungkapkan kata-kata yang disampaikan Kasek saat membuka Kejurcab, Sabtu (7/11/220) pagi.

Hasil Kejurcab FPTI, 6-8 Nopember 2020 : KU-14 Putra : 1. Ridho (Emas/MTsN 11 Jombang), 2.Adi Nugroho (Perak/SMPN 1 Bareng JBG), 3. Ryan Daniswara (Perunggu/SMPN 1 Mojokerto).  KU-14 Putri: 1. Delsa D Natali Rahsamanda (Emas/SDN Purwotengah 1 TA), 2. Fitriani Rahmah (Perak/SMP Khoiriyah JBG), 3. Treva Morin (Perunggu/SDN Jombatan 4 JBG).KU-19 Putra: 1. Arifin Hidayat (Emas/SMAN Bareng JBG), 2. Febri Rio Rivai (Perak.SMK Sore Tulungagung), 3. Kresna Eko Wahchyudi (Perunggu/SMK Sore Tulungagung). KU-19 Putri: 1. Dini Restu Khasanah (Emas/SMAN 1 Kutorejo – Mojokerto), 2.Miranda Indri Astri (Perak/SMK Khoiriyah JBG), 3. Diva Alyacasta (Perunggu/SMK Khoiriyah JBG).

Nyohan menambahkan, hasil dari Kejurcab ini khusus atlet FPTI  masuk kuota atlet Puslatcab. Untuk atlet putra peringkat 1) Achmad Djojo (SMAN Bareng), 2) Hendra Ilyasa (SMK Khoiriyah Sumobito). 3) M Andika Dwiki (SMK Plus Umar Zahid, Diwek).

Sementara itu untuk atlet putri yakni peringkat 1) Tri Indah Retnowati (SMK Plus Umar Zahid), 2) Anisa (SMK Khoiriyah), 3) Siti Khalimatus Sakdiyah (SMK Khoiriyah). 


(Thoek/PBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.