12 Tower di IKN Rampung Agustus, ASN Jomlo akan Berbagi Unit

Sedang Trending 6 hari yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 11 Jul 2024 19:35 WIB

Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 alias saat HUT RI ke-79. Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 alias saat HUT RI ke-79. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 alias saat HUT RI ke-79. Khusus abdi negara nan tetap bujangan bakal berbagi ruangan dengan rekannya.

Kepala Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi menuturkan secara garis besar total tower ASN adalah 47 unit.

Namun, untuk Agustus ditargetkan bisa rampung 12 tower.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Rencananya untuk 17-an kami siapkan 12 (tower), nan utamanya 8 tower untuk ASN," kata Imam dalam konvensi pers secara daring, Kamis (11/7).

Ia menjelaskan setiap tower itu mempunyai 10 lantai. Adapun per lantai terdapat enam unit hunian. Setiap unit mempunyai luas 98 meter persegi nan berisi tiga kamar.

Adapun untuk sistem pengisiannya, Imam mengatakan perihal itu bakal diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kendati, kata Imam, penempatan ASN bakal berbeda-beda demi optimasi hunian. Ia menyebut, ASN nan tetap lajang alias belum menikah akan sharing unit.

"Untuk optimasi tentunya mungkin untuk pejabat beda, mungkin untuk nan staf bisa nan bujangan, sementara bujangan, bisa sharing satu unit bisa tiga orang dan sebagainya. Itu silakan saja kelak bakal diatur," jelasnya.

Lebih lanjut, Imam mengatakan unik penyelenggaraan HUT RI ke-79 nanti, rusun ASN tersebut juga bisa digunakan sementara untuk kediaman panitia alias penyelenggara upacara.

Kendati, dia tak merinci gimana skema pengisian untuk panitia ataupun penyelenggara Upacara HUT RI itu.

Tak hanya itu, Imam mengatakan empat tower Kementerian Koordinator (Kemenko) juga ditargetkan fungsional untuk 17 Agustus. Kendati, tidak semua lantai bisa rampung pada waktu tersebut.

Menurutnya, masing-masing tower baru bisa fungsional sebanyak tiga lantai saja. Adapun setiap tower diperkirakan bisa menampung 519 ASN.

"Sampai dengan Juli ini kami siapkan. Nah walaupun demikian di situ juga ada kelak auditorium gitu ya kapasitasnya lumayan banyak 500-an orang," kata Imam.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com